Rabu, 20 Juli 2011

Usaha Kos-kosan Untung atau Buntung?


               Di suatu siang dalam gerbong kereta menuju Cirebon dari Jakarta, kepikiran di otak saya mengenai usaha kos-kosan di Jakarta. Sepertinya asik aja, punya rumah yang besar dan bagus, diisi oleh para mahasiswi atau karyawati cantik, plus uang mengalir setiap bulannya dari uang sewa kamar.. hehehe..  Iseng-iseng saya hitung biaya pembangunan rumah kos serta keuntungan yang akan diperoleh setiap bulannya.
                Di Jakarta, harga tanah di pinggir jalan raya saat ini minimal Rp 5 juta per m2. Biaya ngebangun rumah (bahan bangunan+ongkos kuli) sekitar Rp 2 juta per m2. Harga sewa kamar non-AC kamar mandi luar sekitar Rp 400 ribu. Andaikan kita ingin membangun sebuah rumah diatas tanah 150 m2, dengan luas bangunan masing-masing 100 m2 lantai atas-bawah (total 200 m2), dengan 20 kamar (2 tingkat, ukuran 3x3 per kamar) , maka perhitungannya sebagai berikut:
                Biaya membangun rumah:
1.       Tanah          :               150 m2 x Rp 5 juta   =       Rp           750 juta
2.       Bangunan    :               200 m2 x Rp 2 juta   =        Rp          400 juta
Total biaya membangun                                            Rp      1.150 juta
Pendapatan dan Pengeluaran per bulan              
Pendapatan :
-          asumsi 80% kamar terisi                 80 % x 20 kamar x Rp 400 ribu = Rp 6.400.000
Pengeluaran :
-          listrik+air                                       Rp 1.000.000
-          gaji petugas bersih2                             800.000
-          lampu / keran air rusak                         100.000
-          iuran RT, dll                                         100.000
jumlah                                                                                                Rp 2.000.000
eiitsss jangan lupa dengan biaya depresiasi.  Perkiraan dalam waktu 10 tahun rumah mengalami perbaikan, maka biaya depresiasi per bulan = Rp 400 juta / 10 tahun /12 bulan = Rp3.300.000
Jadi jumlah pengeluaran + biaya depresiasi per bulan  = Rp 5.300.000
Maka laba bersih per bulan = Rp 6.400.000 – Rp 5.300.000 = Rp 1.100.000.
Break Even Point (BEP) = Total biaya membangun  / laba bersih
                                                = Rp 1.150.000.000 / 1.100.000
                                                = 1.045 bulan atau 87 tahun lebih.
Whaatt?!! Lama banget. Aah itu kan gara-gara ada biaya depresiasinya aj.. Ok, kita keluarkan biaya depresiasi. Maka laba bersih didapat sebesar = Rp 6.400.000 – Rp 2.000.000 =  Rp 4.400.000. Jadi BEP nya = Rp 1.150.000.000 / 4.400.000 = 261 bulan atau 22 tahun. Tetap aja lama balik modalnya. Buat pengusaha, jelas itu rugi, walau ada untung Rp 4,4 juta, karena biaya investasinya cukup besar yakni Rp 1,150 milyar.
                Bagaimana bila uang Rp 1,15 milyar itu kita depositokan? Dengan tingkat suku bunga deposito sebesar 6,25% per tahun, maka didapat hasil Rp 71.875.000 per tahun atau Rp 6 juta per bulan. Heeh?? Mending gw depositoin aj dong tuh duit, ga pake pusing ngurusin anak kos, ngerawat rumah kos, atau keluhan warga sekitar. Tinggal duduk aja nonton sinetron dari pagi sampe malem, duit Rp 6 juta masuk kantong.
                Hmm.. pantesan aj di sekitar rumah gw, beberapa tempat kos-kosan ada yang dijual sama pemiliknya. Ternyata itu toh alasannya..hehehe… By the way anyway busway, perhitungan diatas cuma hitungan kasar gw aja lho, tidak bermaksud nakut-nakutin orang yang mau buka kos-kosan.  
                Pokoke semangat selalu dalam setiap usaha, karena Allah selalu memberikan jalan bagi mereka yang optimis. Salam ci..luk..baa! Mmuaach :D

  


69 komentar:

  1. Sudah sempat hitung dengan kontrak tanah 20 s/d 25 thn? Karena kami sudah sempat hitung, dan modal balik paling lama 5 tahun!!!!

    Please do recalculating!

    BalasHapus
  2. Iya tuh deposito emg lebih besar tapi ga dpt aset tauuuuukk.....
    Ya mendingan kos2an lah drpd deposito

    BalasHapus
  3. Dari perhitungan diatas, yang kurang adalah harga jual kembali asetnya (tanah dan bangunan).. jadi kalo bandingin sama deposito, dengan kenaikan harga tanah di Jkt yang konstan, maka harusnya ga sampe setahun pun tu 1.15 M langsung balik (hitung2 jadi developer)

    BalasHapus
  4. Lha nilai asetnya? Tanah dan bangunannya kan juga naik terus?

    BalasHapus
  5. Deposito yang Riba, satu-satunya dosa dengan ancaman perang ... Mending kos-kosan lah, ada usahanya.

    BalasHapus
  6. Untuk d coba ,,,siapa tkutt

    BalasHapus
  7. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  8. wkwkwk..ini pasti orang bank..jd rekomdasikan depositu..itu tanah x 5jt/m2 lagi buset amat bikin apartemen aj sekalian..

    BalasHapus
  9. hahahahaha ada yg lupa tuch....
    pertahun sewa kontrak naik.....harga tanah 5jt/m sewa 400rb?????????
    nilai tanah naik apalagi + bangunan (kontrakan)sekalipun penyusutan nilai bangunan
    trus 20% kamar yg gak terisi buat buka toko/warung makan,klontong dll disitu ,....hehehehe trus + buka laundry...trus buka bukaan dompet ama penulis diatas pastilah lebih tebal hahaha piss.....prinsip usaha "menyelam sambil minum susu" jangan menyelam karna takut spekulasi - salam developer -

    BalasHapus
  10. Ya udah sih duit2 gw, blog2 gw, mau gw bakar, mau gw nulis apaan terserah gw... hahahaa

    BalasHapus
  11. eh deru loe orang marketing bank yak,... ini mah mengarah kan orang buat ambil deposito... preeettt.. :P

    BalasHapus
  12. deru deru banyak2 belajar ya sama juragan kost ^_^

    BalasHapus
  13. deru lupa....duit 1 M nya dpt drmn yak hahahahaha......lamunan tingkat tinggi di gerbong kereta......pengen duit bnyk tp ogah krja keras.....

    BalasHapus
  14. Weleeh masih ada aja yg baca nih blog. Soal duit darimana ya rahasia dong. Sodara bukan, temen bukan, pengen tau aja deh lo... hahahaa

    BalasHapus
  15. itungan lo gk masuk diakal pikiran...
    mana ada buat kos2an sampe 1M..
    sini uang lo 400jt.. gue buatin kosan2 kayak istana...
    dasar bloon!!

    BalasHapus
  16. Yang ngomong bisa bikin istana dg duit 400jt kemungkinannya ada 3 :
    1. Masih ngontrak
    2. Masih tinggal sama ortu / numpang mertua
    3. Tinggal di pinggiran jakarta

    Hitung aj buat bangunan aj dg luas 200m2 x 2jt per meter udah abis 400jt. Blum duit buat beli tanahnya.

    Cek lagi mbak, harga tanah d jakarta berapa, ongkos bangun rumah berapa.. hehehe :))

    BalasHapus
  17. Klo bs bangun tanah 200 m2 jadi kos-kosan full 2 lantai spt pada topic tolong kirim proposalnya ke saya sekarang! Minimal 20 kamar ya. Ga perlu kayak instana deh asal kelas eksekutif aja jg gpp...

    BalasHapus
  18. mana ada kost kostan dijakarta 400 rebu,,,2010 aja kostan udah 500 ribu,,itu di pinggiran jakarta yg bener bener pinggir,,apalagi di jakarta yang itungan Mas Deru yg tanah 5juta/meter...

    BalasHapus
  19. Di lombok yg murah harga kos-kosan aja modalx balik gak smpe 10 tahun.. Apalagi d Jakarta..
    Kalo harga tanahx sgtu jelas d pusat jakarta tnggal.. Brrti 1 are hargax 500 juta? Wooow tanah doang ya

    BalasHapus
  20. kaamar lo murah amat 400 rebu... pantesan rugii.. ahhha

    BalasHapus
  21. wkwkw.. palangkaraya usaha kos kosan... 400 jt udah dapet 10 kamar.. biaya sewa 600rb/bulan.. listrik pakek pulsa.. so... gag perlu nyampe 10 tahun udah y=untung banget.. wkwkwk.. gile amit hitungan lu gan...

    BalasHapus
  22. Wakakakakakak....setuju ad depresiasi bangunan...tp klo lokasi strategis apalagi deket kampus ternama...banyak bgt investor yg mau beli itu kostan kondisi apapun juga om...1,1 M, 5 tahun bs dijual lagi 10 M om..gimana ente...ckckckck

    BalasHapus
  23. coba di kalkulasiin lagi dong coy.. mungkin si kakak deru ini sedang lelah memikirkan uang yang tak kunjung datang.. hahahaha

    BalasHapus
  24. coba di kalkulasiin lagi dong coy.. mungkin si kakak deru ini sedang lelah memikirkan uang yang tak kunjung datang.. hahahaha

    BalasHapus
  25. Bunga deposito itu kena pajak Kak, 20%, yang di atas belum kakak hitung. Bunga Depositonya 6,25% tapi inflasi rata2 7%, nilai uang kakak malah minus 0,75% per tahunnya, belum lagi dikurang pajak yg 20% tadi. Hitungan kakak bikin kosan rugi karena harga sewa kos nya terlalu murah, dan kakak ga hitung laba dari kenaikan harga tanahnya. Terus kalau 1 kamar 3x3 meter seharusnya bisa 22 kamar kak gak cuma 20 kamar... dll... dst... *cape ngetiknya

    BalasHapus
  26. Bunga deposito itu kena pajak Kak, 20%, yang di atas belum kakak hitung. Bunga Depositonya 6,25% tapi inflasi rata2 7%, nilai uang kakak malah minus 0,75% per tahunnya, belum lagi dikurang pajak yg 20% tadi. Hitungan kakak bikin kosan rugi karena harga sewa kos nya terlalu murah, dan kakak ga hitung laba dari kenaikan harga tanahnya. Terus kalau 1 kamar 3x3 meter seharusnya bisa 22 kamar kak gak cuma 20 kamar... dll... dst... *cape ngetiknya

    BalasHapus
  27. Jadinya usaha kos-kosan untung apa gak sih kak?

    BalasHapus
  28. tergantung amal dan perbuata ..hehehhehehe

    BalasHapus
  29. perhitungan diatas gak jelas. lagian biaya yg dikeluarkan juga gak terlalu banyak. tergantung si pemilik kost-kostan bisa memanajemen keuangannya atau tidak??? yg kalo gak bisa gampang dibodoh"in

    BalasHapus
  30. sekarang gini ya kalo ada depresiasi bangunan percuma dong masuk kalkulasi biaya operasional. lagian umur ekonomis bangunan tahan lama bisa sampe puluhan tahun. postingan diatas ko dimasukin ke kalkulasi depresiasi bulanan? emangnya tiap bulan mau renovasi terus??

    BalasHapus
  31. sekarang gini ya kalo ada depresiasi bangunan percuma dong masuk kalkulasi biaya operasional. lagian umur ekonomis bangunan tahan lama bisa sampe puluhan tahun. postingan diatas ko dimasukin ke kalkulasi depresiasi bulanan? emangnya tiap bulan mau renovasi terus??

    BalasHapus
  32. perhitungan diatas gak jelas. lagian biaya yg dikeluarkan juga gak terlalu banyak. tergantung si pemilik kost-kostan bisa memanajemen keuangannya atau tidak??? yg kalo gak bisa gampang dibodoh"in

    BalasHapus
  33. yang buat artikel ini mohon dirubah data kalkulasinya berdasarkan masukkan para pengunjung blog ini, biar tidak menyesatkan masyarakat.

    BalasHapus
  34. Usaha kost investasi pasif infome... Jelas lebih untung dan jauh dari riba...

    BalasHapus
  35. Barangkali Anda mau membuka peluang usaha kos2 an.

    Saya jual rumah besar lokasi strategis jl kusuma negara, 200m gembira loka.

    Spesifikasi :

    Dijual cepat Rumah 2 lantai Kondisi Siap Huni, Lokasi Gedong Kuning.
    Akses sangat strategis, dekat dengan kota Yogya, Cocok untuk keluarga besar, usaha kos2 an atau investasi.
    Dekat dengan kampus UAD, UST, UII Hukum, UTY
    200 m dari gembira loka.
    15 menit malioboro

    - Listrik : 900 Watt (bisa tambah daya)
    - Garasi bisa masuk 2 mobil
    - Luas
    - Bisa nambah kamar (disekat) bisa jadi 10 kamar
    - bisa jadi Kos-kos an untuk mahasiswa/pegawai
    - Tempat Strategis dg kota
    - Dekat Gembira Loka
    - Market *Alfamat, Indomaret, Pamela
    - Dekat JEC
    - Deket Kampus *UAD, UST, UII Hukum
    - Aman, Nyam, Tentram

    Harga Rp. 1.700.000.000 NEGO
    Bisa KPR

    Jika berminat bisa kontak saya di.

    CP
    085702480099
    087815332422

    Monggo untuk proyeksi jangka panjang, karena lokasi strategis dan rumahnya murah.

    BalasHapus
  36. Analisanya minim yg buat blog...

    BalasHapus
  37. Analisa Usahanya lumayan tuh... lumayan serem

    BalasHapus
  38. Apakah Anda membutuhkan pinjaman? Ini adalah untuk memberitahukan masyarakat umum bahwa Mrs Jane Alison, pemberi pinjaman pinjaman swasta memiliki membuka kesempatan keuangan untuk semua orang yang membutuhkan bantuan keuangan. Kami memberikan pinjaman pada tingkat bunga 2% untuk individu, perusahaan dan perusahaan di bawah syarat dan kondisi yang jelas dan mudah dipahami. hubungi kami hari ini via e-mail di: (saintloanss@gmail.com)

    BalasHapus
  39. Apakah Anda membutuhkan pinjaman untuk investasi yang lebih besar? Pinjaman untuk ekspansi bisnis? Pinjaman untuk investasi baru? Pinjaman untuk melunasi utang jangka panjang dan tagihan. Cari tidak lebih, kita pemberi pinjaman dalam hubungannya dengan bank dan jaminan penawaran yang transparan, menawarkan pinjaman dengan bunga rendah, non agunan. Kami di sini untuk menempatkan dan mengakhiri kemiskinan dan pengangguran, karena setiap orang memiliki / potensi sendiri. Hubungi kami hari ini dan Anda akan menjadi salah satu pelanggan kami yang terhormat. Email: gloryloanfirm@gmail.com Terima kasih sudah datang.

    BalasHapus
  40. Halo,
    Ini adalah untuk memberitahukan masyarakat umum bahwa Mrs Jane Alison, pemberi pinjaman pinjaman swasta memiliki membuka kesempatan keuangan untuk semua orang yang membutuhkan bantuan keuangan. Kami memberikan pinjaman pada tingkat bunga 2% untuk individu, perusahaan dan perusahaan di bawah syarat dan kondisi yang jelas dan mudah dipahami. hubungi hari ini kami melalui e-mail sehingga kami dapat memberikan persyaratan pinjaman dan kondisi di: (saintloanss@gmail.com)

    BalasHapus
  41. saya hanya mau sharing saja , saya sejak sekolah SD dan SMP bantuin nenek yg usaha kost2xan di bandung , saat sy sekolah SMA juga bantuin ortu usaha kost2xan di bandung dan saat ini sy buka usaha kost2xan sama isteri di Jakarta.


    Intinya, usaha kost2xan sangat mudah di kerjakan dan dapat diwariskan Ilmunya ,btw usaha kost2xan bisa di mulai dengan sewakan 1 kamar saja dulu, berjalan dengan waktu kamar bisa bertambah.


    pengalaman saya begitu mulai dari satu kamar menjadi 6 kamar, Reziki halal Tuhan YME yg mengatur..smoga teman2x semua bisa memulai usaha kost2xan dr hal kecil.

    BalasHapus
  42. dari itungan diatas masih banyak yg kurang, tapi lumayan laah nambah wawasan dan mempermatang, soalnya bangunan pake budget segitu maah arsitek juga udah ngasih jaminan lebih dari 10 tahun kuatnya, trus harga tanah yg terus melonjak karna keramaian (pendatang) /thn,klo emg deket sama kampus/ mall mah malah makin menjamur bos peluang usaha, gua bikin photocopy,laudry,warung makan, klo perlu bikin lahan parkir... tau sendiri lahan parkir di jkt susah boss, 1 motor 4000/malam udah joss tuuh duit, dan yg pasti loe udah buka loker sklaian bantu pemerintah :D ketimbang deposit yg cuma ngendok tuuh duit, yg ada perbankan yg makin kaya wkwkwk

    BalasHapus
  43. Bonus Deposit 100% –Sudahkah anda berbisnis forex trading?, bergabung sekarang juga dengan kami
    trading forex hotforexasian.com
    -----------------
    Kelebihan Bertransaksi di HotForex
    1. HotForex Memberikan Bonus Deposit 100% pada akun anda
    2. Trading di HotForex dimulai dari 0 spread
    3. Deposit Mulai dari 70 Ribuan atau 5 usd
    4. Memiliki regulasi yang benar FSC
    5. Perusahaan HotForex Berdiri Sejak Tahun 2010
    6. Deposit dapat dilakukan menggunakan BANK LOKAL BCA, MANDIRI, BRI DAN FASAPAY
    7. Hotforex juga menyediakan akun PAMM dimana anda dapat menitip dana kepada perusahaan untuk di kelola dan
    banyak lagi kelebihan yang lainya, daftar segera disini hotforexasian.com.
    -----------------
    Jika membutuhkan bantuan hubungi kami melalui :
    Tlp : 085364558922
    BBM : efx2009

    BalasHapus
  44. Dijual 7 pintu kontrakan pul yg ngontrak. Lokasi dekat pasar ujungberung bandung. Rumah masih bisa dikembangkan sampai 15 unit. Investasi mengjntungkan. Harga penawaran 950 jt. Minat hub arip 081224291893

    BalasHapus
  45. Mungkin nama Tuhan dipuji
    saudara-saudara saya, tuan menjawab doa-doa saya juga akan menjawab Anda, bagi mereka yang mengatakan bahwa tidak ada perusahaan pinjaman yang sah di internet, semua pembohong. Saya ingin Anda tahu bahwa masih ada pemberi pinjaman kredit yang baik dan nyata, dan ada satu yang digunakan oleh Tuhan untuk menjawab doa-doa saya.

    Saya telah menjadi korban penipuan internet dan saya ditipu dari approximatly 83 juta sampai saya bertemu dengan seorang teman yang bercerita tentang salah satu pemberi pinjaman benar, pada awalnya saya meragukan dia karena pengalaman masa lalu saya, saya takut, tapi teman-teman saya mengatakan kepada saya untuk tidak takut bahwa ia adalah satu-satunya yang dapat membantu saya dalam masalah keuangan saya, saya mengambil keberanian untuk mencoba, kemudian saya diberitahu untuk membayar persetujuan kredit dan saya mengatakan kepada teman saya yang memperkenalkan saya kepada perusahaan dan teman-teman saya mendorong saya tidak takut, II mengikuti instruksi dan melakukan pembayaran, tapi yang terbesar mengejutkan saya setelah membayar biaya aku pinjaman saya dalam waktu kurang dari 2 jam.

    Hari ini adalah orang yang sangat bahagia karena Jennifer Brown Pinjaman Perusahaan membuat saya siapa saya, maka alasan untuk kesaksian ini. Ibu Jennifer Brown yang tepat dan pemberi pinjaman kredit terbaik di internet dan saya juga ingin memberitahu rekan saya saudara-saudara Indonesia untuk berhati-hati sehingga Anda tidak akan menjadi korban pinjaman perusahaan penipuan lebih.

    Catatan: jika Anda benar-benar membutuhkan pinjaman di internet hanya yakin saya dapat meyakinkan Anda kontak adalah Jennifer Brown dan aku memberikan jaminan penuh bahwa Anda akan mendapatkan pinjaman Anda dari perusahaan melalui emailnya: jenniferbrownloancompany@gmail.com
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email: sitiaryati075@gmail.com untuk informasi lebih lanjut.
    Tuhan memberkati kalian semua

    BalasHapus
  46. klo menurut saya usaha kost2an untung/balik modalnya cepat krn ukuran ruangan lebih kecil, tapi klo usaha kontrakan dgn ukuran ruangan bisa 3kali lipat dr kost2an maka bisa 10tahun baru balik modal (modal biaya bangunan, tidak termasuk tanah)klo dihitung dari biaya sewa aja, tapi kan harga bangunan dan tanah makin naik, untungnya yg keliatan jelas n cepat ya dari harga jual asetnya itu..
    namun dari sisi lain juga bisa rugi usaha kontrakan, pertama dari lamanya balik modal/menikmati keuntungan, bagi orang yang berusaha diusaha itu maka umur diperhitungkan, misalkan dia umur 40 tahun maka umur 50tahun baru bisa menikmati untung, itu jg klo modalnya ga pinjam ke bank, klo pinjam ke bank masih lama lagi menikmati untungnya, nah sebagian orang maunya berusaha itu untungnya ingin segera dinikmati, ga nunggu menjelang mati untuk menikmati untungnya, jadi ada yg berpikir mending uangnya buat bangun rumah sendiri yang gede dan dinikmati sendiri dengan keluarganya..sisanya mgkn jg bisa buat beli mobil.. daripada menunggu puluhan tahun untuk menunggu modal balik dulu dr usaha kontrakan.. (just my thought)

    BalasHapus
  47. wah ini orang pemikirannya kurang kedepan,, lihat dari segi dasarnya (tanah), kalo uang lo depositoin 1M pokoknya bakal tetep sekian sampe lu mati,, tapi kalo 1M lo jadiin tanah lama² harganya naik bro bisa jadi 2x lipat kalo lokasi di perkotaan.. itu baru basicnya aja, belum kosannya, ngomong2 itu kerusakan bangunan sekitar diatas 25th baru keliatan bro,, emang lo apain sampe itu cuma bertahan 10th???

    BalasHapus
  48. PELUANG LAIN LAGI, APAKAH ANDA USAHA MAN / WANITA, A PEKERJA DI ORGANISASI, Wiraswasta? Membutuhkan pinjaman pribadi untuk bisnis tanpa stres, Jika demikian, hubungi kami hari ini, kami menawarkan pinjaman tahun baru pada tingkat bunga rendah dari 2%, Anda dapat memulai tahun baru dengan senyum di wajah Anda, keselamatan, kebahagiaan kami pelanggan adalah kekuatan kita. Jika Anda tertarik, mengisi formulir aplikasi pinjaman di bawah ini:
    Informasi Peminjam:

    Nama lengkap: _______________
    Negara: __________________
    Sex: ______________________
    Umur: ______________________
    Jumlah Pinjaman Dibutuhkan: _______
    Durasi Pinjaman: ____________
    Tujuan pinjaman: _____________
    Nomor ponsel: ________

    Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi kami sekarang melalui email: gloryloanfirm@gmail.com

    BalasHapus
  49. Apakah Anda membutuhkan pinjaman cepat untuk melunasi utang Anda, atau Anda membutuhkan pinjaman untuk meningkatkan bisnis Anda? Apakah Anda pernah ditolak oleh bank dan lembaga keuangan lainnya? Apakah Anda membutuhkan pinjaman konsolidasi atau hipotek? Cari lebih karena kami berada di sini untuk membuat semua masalah keuangan Anda sesuatu dari masa lalu. Kami memberikan pinjaman kepada individu yang membutuhkan bantuan keuangan, yang memiliki kredit buruk atau membutuhkan uang untuk membayar tagihan, untuk berinvestasi dalam bisnis pada tingkat 2%. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberitahu Anda bahwa kami memberikan bantuan yang sangat handal, penerima dan akan bersedia untuk menawarkan pinjaman. Jadi hubungi kami hari ini via e-mail di: emamllualoanfirm@gmail.com

    BalasHapus
  50. Halo,

    Apakah Anda tertarik untuk mendapatkan jenis pinjaman?
    Kami memberikan pinjaman untuk setiap bagian dari dunia. Kami menawarkan semua jenis dan jenis kredit / pembiayaan dengan skema pembayaran yang nyaman, Bunga Kredit kami tarif adalah 3% per membatalkan dengan durasi dinegosiasikan, Terlepas dari lokasi atau status kredit, untuk mendapatkan email pinjaman hari ini perusahaan kontak: margretmarita@gmail.com

    Terima kasih.
    Margret Marita Pinjaman Terbatas
    E - Mail: margretmarita@gmail.com

    BalasHapus

  51. PELUANG PINJAMAN INVESTASI:

    Apakah Anda membutuhkan pinjaman? Apakah Anda tertarik untuk mendapatkan jenis pinjaman? Atau apakah Anda khawatir finansial ?. Apakah Anda memiliki utang untuk melunasi? Kami memberikan pinjaman untuk setiap bagian dari dunia, Suku bunga pinjaman kami adalah 3% per membatalkan dengan durasi dinegosiasikan terlepas dari Lokasi atau status kredit. Untuk mendapatkan pinjaman hari ini Hubungi kami melalui Perusahaan email Alamat di: margretmarita@gmail.com

    CATATAN: Kami memberikan keluar minimum (3.000 $ / €) untuk maksimal (300,000.000 $ / €) E.T.C. Permintaan Kredit harus dinyatakan dalam US DOLLAR ATAU EURO, Dan setiap UANG bekas lainnya.

    pencari pinjaman yang tertarik untuk mengisi formulir aplikasi pinjaman di bawah Persetujuan ..

    (PEMINJAM INFORMASI)

    Nama lengkap:......................
    USIA.............................
    STATUS PERKAWINAN ..................
    Kontak Alamat:...........................
    Negara....................................
    Negara...................................
    Telepon:.....................................
    E-mail:.....................................
    Pendudukan:................................
    Pendapatan bulanan:............................
    Agama:..................................
    Keluarga terdekat:...............................
    Apakah Anda berbicara atau mendengar bahasa Inggris? .............................

    (PINJAMAN INFORMASI)

    Jumlah Dibutuhkan sebagai Pinjaman: .....................
    Pinjaman Durasi: .............................
    Tujuan Pinjaman: ................................
    Jaminan:................................
    Apakah Anda mengajukan pinjaman sebelumnya? ..........................
    Cara pembayaran: bulanan atau tahunan ....................

    Terima kasih karena kami menunggu Response cepat Anda, kami siap melayani Anda.
    Margret Marita Pinjaman Terbatas
    E - Mail: margretmarita@gmail.com

    BalasHapus
  52. Aku indriaty manirjo, saya ingin bersaksi pekerjaan yang baik dari Allah dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari untuk pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka orang yang mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban dari suatu 6-kredit pemberi pinjaman penipuan, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Aku hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari utang saya sendiri, sebelum aku rilis dari penjara dan teman yang saya saya menjelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya ke perusahaan pinjaman reliabl yang MAGRETSPENCERLOANCOMPANY. Saya mendapat pinjaman saya Rp850,000,000 dari MAGRETSPENCERLOANCOMPANY sangat mudah dalam 24 jam yang saya diterapkan, Jadi saya memutuskan untuk berbagi pekerjaan yang baik dari Allah melalui MAGRETSPENCERLOANCOMPANY dalam kehidupan keluarga saya. Saya meminta nasihat Anda jika Anda membutuhkan pinjaman Anda lebih baik kontak MAGRETSPENCERLOANCOMPANY. menghubungi mereka melalui email:. (magretspencerloancompany@gmail.com)
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (indriatymanirjo010@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman.

    BalasHapus

  53. Ibu Isabel Johnson,
    Reputasi, sah & sebuah uang terakreditasi
    Pemberi pinjaman. Saya ingin menggunakan media ini untuk

    memberitahu Anda bahwa saya memberikan penerima terpercaya

    seperti yang saya akan senang untuk menawarkan pinjaman dari $

    10,000.00
    usd ke $ 50.000.000,00 pada tingkat bunga 2% untuk individu yang

    handal. Anda dapat menghubungi saya melalui E-mail:
    isabelloancompany@gmail.com

    Layanan yang disediakan meliputi:

    * Perbaikan rumah
    * Pinjaman Inventor
    * Kredit Mobil
    * Hutang Konsolidasi Pinjaman
    * Line of Credit
    * Kedua Pinjaman
    * Pinjaman Bisnis
    * Pinjaman pribadi
    * Pinjaman International.

    Silakan menulis kembali jika Anda tertarik.
    Setelah Response, Anda akan mengirimkan formulir permohonan

    pinjaman untuk mengisi.
     Hubungi saya melalui E-mail:
    isabelloancompany@gmail.com
    Salam
    Ibu Isabel.

    BalasHapus
  54. Beli ajja kos kosan dengan uang bank,,pinjam maksudnya...byr pke pendapatan sewa,,,

    BalasHapus
  55. Beli ajja kos kosan dengan uang bank,,pinjam maksudnya...byr pke pendapatan sewa,,,

    BalasHapus
  56. Halo Setiap Satu, nama saya wanita Jane alice dari Indonesia, dan saya bekerja dengan bersatu bangsa kompensasi, dan kami telah mendengar dan juga membuat pinjaman dari perusahaan pinjaman, saya cepat ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan seluruh Indonesia yang mencari pinjaman di internet sangat berhati-hati untuk tidak jatuh di tangan scammers dan fraudstars, ada banyak lender kredit palsu di sini di internet dan beberapa dari mereka adalah asli dan nyata, aku ingin meluncur kesaksian tentang bagaimana Tuhan menuntun saya untuk pemberi pinjaman dan Pinjaman nyata genue telah mengubah hidup saya dari rumput rahmat, setelah saya telah tertipu oleh beberapa pemberi pinjaman kredit di sini di internt, saya kehilangan banyak uang untuk membayar biaya pendaftaran, isurance, pajak, dan setelah pembayaran saya masih tidak mendapatkan saya pinjaman. Setelah berbulan-bulan mencoba untuk mendapatkan pinjaman di internet dan jumlah scammed kali uang tanpa mendapatkan pinjaman dari perusahaan mereka sehingga saya menjadi begitu putus asa dalam mendapatkan pinjaman dari online genue kredit pemberi pinjaman yang tidak akan meningkatkan rasa sakit saya, jadi saya memutuskan untuk menghubungi seorang teman saya yang baru-baru mendapat pinjaman online, kita membahas kesimpulan kita tentang masalah dan dia bercerita tentang seorang wanita yang disebut Mr Dangote yang merupakan CEO dari Dangote Pinjaman Perusahaan. Jadi saya diterapkan untuk jumlah pinjaman (Rp400,000,000) dengan tingkat bunga rendah 2%, tidak merawat usia saya, karena saya mengatakan kepadanya apa yang saya ingin menggunakan uang itu untuk membangun bisnis dan pinjaman saya disetujui dengan mudah tanpa stres dan semua persiapan dilakukan pada transfer kredit dan dalam waktu kurang dari 24 jam setelah pendaftaran pinjaman, sudah disimpan ke bank dan mimpi saya datang melalui. Jadi saya ingin saran yang membutuhkan genue panggilan pinjaman cepat sekarang email di Dangotegrouploandepartment@gmail.com. dia tidak tahu bahwa aku melakukan ini. Saya berdoa agar Tuhan memberkati dia untuk hal-hal baik yang telah dilakukan dalam hidup saya. Anda juga dapat menghubungi saya di ladyjanealice@gmail.com hari yang indah lebih info..

    BalasHapus
  57. Aku Widya Okta, saya ingin bersaksi pekerjaan yang baik dari Allah dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari untuk pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka orang yang mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban dari suatu 6-kredit pemberi pinjaman penipuan, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Aku hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari utang saya sendiri, sebelum aku rilis dari penjara dan teman yang saya saya menjelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya ke perusahaan pinjaman dapat diandalkan yang SANDRAOVIALOANFIRM. Saya mendapat pinjaman saya Rp900,000,000 dari SANDRAOVIALOANFIRM sangat mudah dalam 24 jam yang saya diterapkan, Jadi saya memutuskan untuk berbagi pekerjaan yang baik dari Allah melalui SANDRAOVIALOANFIRM dalam kehidupan keluarga saya. Saya meminta nasihat Anda jika Anda membutuhkan pinjaman Anda lebih baik kontak SANDRAOVIALOANFIRM. menghubungi mereka melalui email:. (Sandraovialoanfirm@gmail.com)
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (widyaokta750@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman.

    BalasHapus
  58. KABAR BAIK! KABAR BAIK!! KABAR BAIK!!!

    Apakah Anda berpikir untuk mendapatkan bantuan keuangan, apakah Anda serius membutuhkan pinjaman mendesak, apakah Anda berpikir untuk memulai bisnis Anda sendiri, Anda berada di utang, ini adalah kesempatan Anda untuk mencapai keinginan Anda karena kami memberikan pinjaman pribadi, pinjaman usaha, dan kredit korporasi, dan segala macam pinjaman pada tingkat bunga 2%. Hore !!! Hampir sampai ke akhir tahun ini dan kami stella kelompok Perusahaan Pinjaman, kami menjamin semua klien berharga kami bahwa mereka akan mendapatkan semua pinjaman individu dengan senyum di wajah mereka.
    Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi kami sekarang melalui email: (stellagrouploancompany@gmail.com)

    Informasi Peminjam:

    Nama lengkap: _______________
    Negara: __________________
    Sex: ______________________
    Umur: ______________________
    Jumlah Pinjaman Dibutuhkan: _______
    Pinjaman Durasi: ____________
    Bunga pinjaman: _____________
    Nomor telepon: ________

    Stella Group Company Pinjaman
    (Stellagrouploancompany@gmail.com)

    BalasHapus
  59. Kalo ada yang mau tinggal sementara atau selamanya di Jogja. Kami bisa bantu mencarikan tempat tinggal yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

    Jangan bingung mencari atau mengiklankan Rumah kontrakan, Kontrakan Paviliun, Homestay, Ruko, Kos-kosan, Sewa rumah/tanah, dan Jual beli rumah/tanah di Jogja!

    Karena Cari Kontrakan Jogja telah hadir di tengah-tengah Anda.

    Silahkan kunjungi website kami langsung dan buktikan sendiri pelayanan kami hanya di :

    http://carikontrakanjogja.com/


    Kami menawarkan space iklan di website kami. Jika Anda ingin memasang produk2 yang Anda jual, silahkan kunjungi website kami. Dan hubungi nomor yang telah tercantum di website kami.


    www.carikontrakanjogja.com

    BalasHapus
  60. PELUANG LAIN LAGI, APAKAH ANDA USAHA MAN / WANITA, A PEKERJA DI ORGANISASI, Wiraswasta? Membutuhkan pinjaman pribadi untuk bisnis tanpa stres, Jika demikian, hubungi kami hari ini, kami menawarkan pinjaman tahun baru pada tingkat bunga rendah dari 2%, Anda dapat memulai tahun baru dengan senyum di wajah Anda, keselamatan, kebahagiaan kami pelanggan adalah kekuatan kita. Jika Anda tertarik, mengisi formulir aplikasi pinjaman di bawah ini:
    Informasi Peminjam:

    Nama lengkap: _______________
    Negara: __________________
    Sex: ______________________
    Umur: ______________________
    Jumlah Pinjaman Dibutuhkan: _______
    Durasi Pinjaman: ____________
    Tujuan pinjaman: _____________
    Nomor ponsel: ________

    Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi kami sekarang melalui email: gloryloanfirm@gmail.com

    BalasHapus
  61. Yang nulis lagi mabok ciu kelas laknat :v

    BalasHapus
  62. Aku indriaty manirjo, saya ingin bersaksi pekerjaan yang baik dari Allah dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari untuk pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka orang yang mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban dari suatu 6-kredit pemberi pinjaman penipuan, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Aku hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari utang saya sendiri, sebelum aku rilis dari penjara dan teman yang saya saya menjelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya ke perusahaan pinjaman reliabl yang MAGRETSPENCERLOANCOMPANY. Saya mendapat pinjaman saya Rp850,000,000 dari MAGRETSPENCERLOANCOMPANY sangat mudah dalam 24 jam yang saya diterapkan, Jadi saya memutuskan untuk berbagi pekerjaan yang baik dari Allah melalui MAGRETSPENCERLOANCOMPANY dalam kehidupan keluarga saya. Saya meminta nasihat Anda jika Anda membutuhkan pinjaman Anda lebih baik kontak MAGRETSPENCERLOANCOMPANY. menghubungi mereka melalui email:. (magretspencerloancompany@gmail.com)
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (indriatymanirjo010@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman.

    BalasHapus
  63. Halo,
    Saya Yunita Ariyanti dari kota Surubaya, alamat demak java, di indonesia, saya ingin menggunakan media ini untuk memberi nasehat kepada seluruh warga negara indonesia saya. Yang telah mencari pinjaman, Anda hanya harus berhati-hati. Satu-satunya tempat dan perusahaan yang bisa menawarkan pinjaman adalah LILIANA DONATO perusahaan pinjaman. Perusahaan pinjaman terpercaya dan tepercaya yang telah mengubah hidup saya dari rumput menjadi anugerah, mendapat pinjaman dari mereka. Mereka adalah satu-satunya perusahaan pinjaman yang sah di internet. Saya menghabiskan hampir 22 juta di tangan perusahaan pinjaman palsu dari Filipina.
    Tapi Nyonya Liliana Donato memberiku mimpiku kembali dan mendapatkan kembali kepercayaanku untuk kemanusiaan lagi. Hubungi Mrs. Liliana untuk permintaan pinjaman Anda
    Via email: lilianadonatoloancompany@gmail.com.
    Email pribadi saya sendiri: yunitariyanti33@gmail.com. Anda juga bisa menghubungi saya melalui email saya untuk informasi lebih lanjut tentang Ibu Liliana Terima kasih telah mendengarkan kesaksian saya.
    Tuhan memberkati.

    BalasHapus
  64. Halo, nama saya Yusi Retnowati dari Indonesia, tolong saya sarankan semua orang disini harus sangat berhati-hati, karena ada begitu banyak kreditur pinjaman palsu di internet, tapi mereka masih yang asli di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah scammed oleh 8 kreditur pinjaman yang berbeda, saya kehilangan banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Saya hampir mati dalam prosesnya karena saya ditangkap oleh orang-orang karena berhutang.

    Saya hampir menyerah sampai saya meminta saran dari seorang teman yang mengenalkan saya kepada pemberi pinjaman pinjaman asli dan perusahaan yang sangat andal yaitu Karen Mark Financial Loan Company yang mendapat pinjaman saya sebesar 500 juta rupiah Indonesia (lima ratus juta rupiah di Indonesia) Kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau tekanan pada tingkat bunga rendah 2%. Saya sangat terkejut ketika memeriksa rekening bank saya dan menemukan jumlah pinjaman yang saya minta telah ditransfer ke rekening bank saya tanpa ada penundaan atau kekecewaan, jadi saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik tersebut sehingga orang dapat memperoleh pinjaman dengan mudah tanpa tekanan dari Ibu Karen Mark

    Saya ingin Anda mempercayai Ibu Karen Mark dengan sepenuh hati karena dia sangat membantu dalam hidup saya. Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda memerlukan pinjaman apa pun, hubungi perusahaan melalui email: (karenmarkfinancialloancompany@gmail.com)
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya, jika Anda merasa kesulitan untuk mengajukan pinjaman dari perusahaan. (Yusiretnowati010@gmail.com). Tuhan tolong dan hati-hati

    BalasHapus
  65. Syukur kepada Allah yang maha kuasa untuk memberi saya kesempatan ini untuk berbagi kesaksian saya, saya Mrs. Vera Waty, yang Anda cari pinjaman? Saya ingin membawa ini ke semua pemberitahuan pinjaman untuk berhati-hati, karena begitu banyak perusahaan pinjaman palsu di internet. Saya telah menjadi korban dari sebuah perusahaan pinjaman palsu 4, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan pinjaman palsu yang saya kemudian mengetahui mereka adalah scam. Pada proses yang saya ditangkap oleh orang-orang yang saya berhutang kepada karena saya tidak bisa bertemu untuk kali saya berjanji untuk membayar dan saya ditangkap. Aku baru saja keluar dari penjara, ketika saya bertemu dengan seorang teman yang Memperkenalkan saya untuk pemberi pinjaman kredit karena dia meyakinkan saya bahwa dia mendapat yang pinjaman dari dia yang CHRISTYCHARITYLOANFIRM, jadi saya tidak punya pilihan untuk memberikan cobaan karena saya harus bertemu dengan standar hidup dan membayar utang saya dan memulai bisnis baru. Jadi saya mendapat pinjaman saya dari CHRISTYCHARITYLOANFIRM tanpa stres, itulah alasan saya memutuskan untuk membagikan kesaksian saya kepada orang-orang yang membutuhkan pinjaman, sehingga mereka tidak akan jatuh di tangan pemberi pinjaman kredit palsu. Jika Anda membutuhkan pinjaman Anda lebih baik kontak CHRISTYCHARITYLOANFIRM. menghubungi mereka melalui email:. [ladycharityloanfirm@gmail.com],.
    Anda masih bisa menghubungi saya melalui email saya untuk informasi lebih lanjut tentang [verawaty409@gmail.com]. Tuhan membantu Anda dan sangat berhati-hati.

    BalasHapus
  66. ,.,KISAH NYATA ,
    Aslamu alaikum wr wb..Allahu Akbar, Allahu akbar, Allahu akbar
    Bismillahirrahamaninrahim,,senang sekali saya bisa menulis dan berbagi kepada teman2 melalui room ini, sebelumnya dulu saya adalah seorang pengusaha dibidang property rumah tangga dan mencapai kesuksesan yang luar biasa, mobil rumah dan fasilitas lain sudah saya miliki, namun namanya cobaan saya sangat percaya kepada semua orang, hingga suatu saat saya ditipu dengan teman saya sendiri dan membawa semua yang saya punya, akhirnya saya menaggung utang ke pelanggan saya totalnya 470 juta dan di bank totalnya 800 juta , saya stress dan hampir bunuh diri, saya punya anak 2 masih sekolah di smp dan sma, istri saya pergi entah kemana meninggalkan saya dan anak anak, ditengah tagihan utang yg menumpuk, demi makan sehari hari saya terpaksa jual nasi bungkus keliling dan kue, ditengah himpitan ekonomi seperti ini saya bertemu dengan seorang teman dan bercerita kepadanya, Alhamdulilah beliau memberikan saran kepada saya, dulu katanya dia juga seperti saya. Tapi setelah di bantu HABIB IDRUS hidupnya kembali sukses, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama satu minggu saya berpikir dan melihat langsung hasilnya, saya akhirnya bergabung dan menghubungi HABIB IDRUS. Untuk Konfirmasi Lebih Jelasnya: >>>>>>>>KLIK SOLUSI TEPAT DISINI<<<<<<<<< .Semua petunjuk Beliau saya ikuti dan hanya Dalam waktu 2 hari, Astagfirullahallazim, Alhamdulilah Demi AllAH dan anak saya, akhirnya 5M yang saya minta benar benar ada di tangan saya, semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha, kini saya kembali sukses terimaksih HABIB IDRUS saya tidak akan melupakan jasa HABIB IDRUS. JIKA TEMAN TEMAN BERMINAT, YAKIN DAN PERCAYA INSYA ALLAH, SAYA SUDAH BUKTIKAN DEMI ALLAH.(BUKAN PESUGIHAN ATAUPUN PENGGANDAAN UANG).

    BalasHapus
  67. AKHIR TAHUN PINJAMAN DI RATE SANGAT RENDAH.
    Halo, aku Mrs. Sandra Ovia, pemberi pinjaman uang pribadi, yang Anda dalam utang? Anda membutuhkan dorongan keuangan? pinjaman untuk mendirikan sebuah bisnis baru, untuk bertemu dengan tagihan Anda, memperluas bisnis Anda di tahun ini dan juga untuk renovasi rumah Anda. Aku memberikan pinjaman untuk lokal, internasional dan juga perusahaan pada tingkat bunga yang sangat rendah dari 2%. Anda dapat menghubungi kami melalui Email: (sandraovialoanfirm@gmail.com)
    Anda dipersilakan untuk perusahaan pinjaman kami dan kami akan memberikan yang terbaik dari layanan kami.

    BalasHapus